Author Mei 2013 | Blogsaya04

Resiko Makan Mie Instan [27/05/2013]


Siapa yang belum pernah makan mie instan? Hampir semua orang dipastikan pernah makan mie instan. Entah pagi, siang atau malam, sepertinya pas saja kalo makan mie instan. Apalagi kalau cuaca dingin, paling sip makan mie instan, terasa segar nikmatnya.

Tapi, tahukah kita sebagian zat yang terkandung di mie instan ? Ternyata tidak baik dikonsumsi. Apalagi banyak orang mengkonsumsi mie instan dalam waktu yang lama dan hampir setiap hari. Mau tahu apa saja bahaya mie instan ? Mari kita coba cermati.


Mie instan dibuat dari campuran tepung, minyak sayur, garam, dan beberapa bahan aditif seperti natrium polifosfat (berfungsi sebagai pengemulsi/penstabil), natrium karbonat dan kalium karbonat yang berfungsi sebagai pengatur asam. Selain itu, mie yang tampilannya menarik rupanya juga karena "dipoles" zat pewarna kuning (tartrazine). Selain mie itu sendiri, ada pula bumbu mie instan yang banyak mengandung garam, cabe, dan bumbu-bumbu lain. Bumbu mie instan juga tak lepas dari zat aditif makanan seperti MSG (monosodium glutamat) yang berfungsi sebagai penguat rasa.

Mie instan yang beredar saat ini, ternyata cukup membahayakan. Telah diketahui bahwa permukaan mie instan dilapisi oleh lilin. Inilah kenapa mie tidak pernah lengket satu sama lain. Lilin ini sangat membahayakan kesehatan tubuh, karena tubuh kita butuh waktu lama untuk mencerna lilin ini, yakni sekitar dua hari. Jika zat ini terus menumpuk dalam tubuh, kemungkinan kita untuk terkena penyakit kanker sangatlah tinggi. Misalnya, kanker hati, usus, atau leukimia. Tak hanya lilin dari mie instan, bumbu zat aditif seperti MSG pun bisa menjadi pemicu kanker dalam tubuh.

Mengkonsumsi mie instan terus-menerus sama dengan menumpuk zat-zat kimia berbahaya dalam tubuh dan efeknya bisa merusakkan sel-sel jaringan otak. Akibatnya, akan terjadi penurunan transmisi sinyal dalam otak. Selain itu, kerusakan jaringan sel otak ini juga akan memicu penyakit-penyakit lain seperti stroke atau kelumpuhan.

Lalu bagaimana jika Anda memang tidak bisa lepas dari konsumsi mie instan ? Jangan khawatir, ada beberapa langkah untuk menurunkan efek jeleknya. Pertama, sebaiknya jangan setiap hari memakannya. Setelah makan mie instan, beri jangka waktu sekitar 3 hari bila ingin memakannya lagi.
Hal ini bertujuan untuk memberi waktu bagi tubuh agar bisa mencerna lilin (pelapis mie) sampai benar-benar habis dan tidak menumpuk di tubuh. Penumpukkan lilin sangat berbahaya bagi tubuh. Kita masih bisa mengkonsumsi mie dengan intensitas yang tidak sering, jadi jangan setiap hari. Seperti dengan mengkonsumsi mie instan dengan jarak tiga hari sekali juga termasuk langkah awal yang bagus menuju hidup sehat.

Saat memasak mie instan, Anda tentu merebus mie terlebih dahulu dengan air mendidih. Setelah mie instan yang anda masak tersebut telah matang jangan langsung mengkonsumsinya. Bahaya makan mie instan yang ada kandungan lilinnya selalu mengancam anda. Jadi tiriskan dulu mie yang telah matang tersebut. Untuk mie instan goreng, setelah mie masak, tiriskan lalu bilas lagi dengan air bersih yang tentunya sudah matang. Untuk mie instan kuah, setelah mie matang, jangan langsung dibubuhi bumbu mie instan. Tiriskan dahulu mie-nya, lalu buang air sisa perebusan mie. Untuk kuah, Anda bisa memakai air panas yang baru.

Memang agak repot, namun perlakuan ini untuk meminimalisir masuknya zat lilin ke dalam tubuh. Saat mie direbus, lilin bisa lepas dari mie dan menyatu dengan air rebusan. Itulah sebabnya, sebaiknya jangan mengkonsumsi air rebusan mie. Selain itu, ada sebagian orang yang lebih suka memakan mie instan dengan kondisi yang masih kriuk-kriuk (setengah matang). Ini juga perlu berhati-hati karena bahaya makan mie instan seperti itu lebih besar dibanding makan yang matang. Kinerja organ pencernaan akan lebih berat jika kita mengkonsumsi mie instan dalam kondisi setengah matang. Bahkan bagi sebagian orang yang memang kondisi organ pencernaannya kurang baik, akan terasa mules dan sering buang air besar jika memakan mie instan dalam kondisi setengah matang.

Banyak kasus nyata tentang orang yang sakit dan diduga disebabkan terlalu banyak mengkonsumsi mie instan. Karena itu, sebaiknya mari kita mulai mengurangi konsumsi mie instan. Bukannya menakut-nakuti, tetapi pilihan makanan sehat kan masih banyak. Sayuran hijau, buah segar, tempe, tahu, dan berbagai makanan sehat lain kan masih banyak yang bisa kita konsumsi. Bukankah lebih baik mengkonsumsi makanan sehat daripada mengkonsumsi mie instan yang banyak. Sepakat??

Sumber: http://www.pulsk.com/210544/resiko-makan-mie-instan.html
Zufar Muzakki Blogsaya04 Updated at : 8:31 PM

BAHAYA MEMBUNUH KECOAK [27/05/2013]


[Raspedia] Bila anda melihat binatang kecoak di rumah, jangan anda memukulnya sampai mati bahkan sampai (maaf) isi perut kecoak meletet keluar.
Karena didalam perut kecoa terdapat cacing halus/lembut yg tetap hidup meskipun diluar dari tubuh kecoak. Bila cacing ini sudah berada di luar dari tubuh kecoak (perut) dia akan bergerak untuk mencari tempat/indukan baru.

Cacing ini bentuknya sangat pendek, halus dan lembut akan terlihat kasat mata bila jarak pandang sekitar 10-20cm.

Untuk melihat cacing ini, anda dapat menaruh isi perut kecoak diatas kertas hitam atau diatas cermin... disitu akan terlihat pergerakannya.

Sangat berbahaya apabila cacing ini sampai menyentuh kulit tubuh kita (terutama kaki) karena dapat masuk melalui pori-pori kulit atau bila ada luka terbuka pada kulit luar.

Akan jauh lebih baik membasmi kecoak cukup dengan menggunakan semprotan anti serangga, yg dapat membunuh kecoak tanpa harus memukul hingga mengeluarkan isi perutnya.

Terdapat beberapa cara alami untuk menjaga rumah Anda aman dari serangan kecoa. Berikut adalah beberapa diantaranya.

1. Membunuh Kecoa

Semprotkan air sabun ke badan kecoa. Air sabun cukup ampuh untuk mematikan kecoa.

Cara diatas cukup efektif mengurangi populasi kecoa dewasa. Namun, telur kecoa tetap tidak tersentuh dan segera menetas menjadi kecoa dewasa.

2. Membuat Lapar Kecoa

Kecoa tidak dapat bertahan hidup tanpa makanan dan air. Pastikan untuk membersihkan apapun yang bisa dijadikan makanan dan minuman kecoa.

Rumah yang bersih dan rapi akan membantu meminimalkan populasi kecoa. Pastikan pula untuk meletakkan sampah atau sisa makanan di luar rumah agar tidak menjadi sumber makanan kecoa.

Simpan makanan dalam wadah tertutup dan jangan biarkan terbuka terlalu lama.

Daerah di bawah kulkas atau kompor harus dibersihkan secara teratur karena sering terdapat sisa-sisa makanan dan minyak yang bisa menjadi makanan kecoa.

3. Memutus Pasokan Air

Selain melenyapkan sumber makanan, cara lain untuk membasmi kecoa adalah dengan memastikan tidak ada pasokan air untuk minum kecoa.

Menurut sebuah laporan yang diterbitkan oleh University of Florida, kecoa dapat hidup selama dua minggu tanpa makanan dan air, tetapi mereka bisa bertahan hingga 42 hari dengan hanya minum air.

Air dari pipa yang bocor umum digunakan oleh kecoa sebagai sumber air. Tempat di bawah wastafel adalah tempat favorit lain bagi kecoa.

Jadi pastikan tempat-tempat tersebut kering sehingga memutus pasokan air bagi kecoa.


4. Perangkap Kecoa dan Predator Alam

Selain cara-cara diatas, metode lain untuk membunuh kecoa adalah dengan memasang perangkap non racun di sekitar rumah.

Salah satu jenis perangkap bekerja seperti perekat yang menjebak kecoa sehingga tidak sempat masuk ke dalam rumah.

Kecoa juga memiliki sejumlah besar predator alami. Kadal, burung, tikus, kodok, dan katak semua menjadikan kecoa sebagai santapan.

Pastikan untuk tidak mengganggu habitat predator alami agar populasi kecoa tetap terkontrol.

Sumber: http://www.pulsk.com/210966/Bahaya--Jangan-Memejret-Kecoa.html
Zufar Muzakki Blogsaya04 Updated at : 8:19 PM

Inotia 3

inotia 3

Ini sob, game baru saya. Yaaps, Inotia 3 (Tapi masih newbie... LOL). Sebenarnya udah lama sih game ini dirilis, yah kebetulan aja mimin yang ketinggalan jaman.. hehehe.

Kali ini mimin mau ng-Share apa yang baru mimin baca dari blog tetangga. Langsung aja sob, Di Baca postingannya...

Terima saja sih, memang pada kenyataannya game-game mobile yang keren selalu muncul dulu untuk iOS. Atau parahnya, hanya ekslusif untuk platform dengan anggota iPhone, iPad dan iTouch cs tersebut. Namun untunglah, tidak semuanya ekslusif, dan masih banyak juga yang akhirnya hijrah ke platform lain, seperti Android. Namun tidak bisa dipungkiri, bagi pengembang software, sistem satu portal iOS sangat menguntungkan.

Dan biasanya juga, setelah developer gamenya balik modal di iOS, game-game tersebut bakal hadir ke platform lain, secara gratis tentunya. Salah satu game keren yang akhirnya kehilangan kata ekslusif iOS adalah Inotia 3: Children of Carnia. RPG buatan pengembang software mobile Com2uS dari Korea Selatan ini awalnya dirilis Februari 2011 lalu untuk iPhone, iTouch dan iPad melalui Apple Store seharga US $4.99. Sedangkan versi Android dirilis oleh pengembangnya awal Juli 2011 lalu.

inotia 3
 Inotia 3: Children of Carnia merupakan bagian dari serial Chronicles of Inotia. Namun diantara semua serinya memang tidak berhubungan langsung. Di sini kamu mengendalikan Lucio, pemuda dari desa kecil Carnia. Dia ditemani gadis pujaannya,  Ameli, yang memulai petualangan baru untuk menyelamatkan dunia dari God of Darkness, sesaat setelah melewati ritual pengukuhan masa dewasa. Sepanjang perjalanan, Lucio mendapatkan kilas balik penglihatan seorang prajurit tangguh yang kehilangan adiknya dalam sebuah invasi Dark Elf, dan Lucio pun yang penasaran mencoba mencari tahu apa di balik penglihatan tersebut. Tentu saja, tipikal RPG klasik Jepang pada umumnya, Lucio dan Ameli bakal bertemu bermacam karakter sepanjang perjalanan mereka.

inotia 3

 Walaupun klise, sebenarnya Inotia 3 memiliki cerita yang menarik, seandainya sesekali diselingi percabangan cerita, atau sedikit situasi yang membuat emosi kita tergugah. Namun sepertinya pengembang menghindarinya, dan memainkan Inotia 3 tak lepas dari acuan skenario yang sudah ditetapkan. Sesekali memang tersimpan quest, namun quest itu pun tidak akan memaksamu jauh dari jalan cerita utamanya. Terkadang saya juga sampai tersenyum membaca dialognya yang lucu berkat tingkah Lucio yang kekanakan, atau Ameli yang sepertinya cuek saja meski ada seseorang yang tergila-gila kepadanya. Namun secara keseluruhan, ceritanya standar.

inotia 3

Kontras dengan gameplay-nya. Langsung terbesit game klasik Super NES Seiken Densetsu (Secret of Mana) ketika memainkannya. Mulai sudut pandang 3/4 layar yang disorot dari atas, opsi mengendalikan satu team dengan tiga karakter, hanya satu saja yang menerima perintahmu langsung dengan dua lainnya oleh AI, hingga musuh dan NPC terhubung dalam satu interface. Memang hanya satu yang langsung kamu perintah, namun dua lainnya dengan mudah kamu kendalikan cukup menyentuh foto profil mereka yang terletak di kiri-atas layar. Keseluruhan pengendalikan juga mudah, bahkan menurut saya salah satu yang terbaik pengendaliannya dibandingkan action RPG lain untuk mobile. Dekati musuh hingga keluar kursor merah di bawah tubuh mereka (itu musuh yang bakal ditarget), dan tekan tombol action untuk mulai menyerang. Karakter akan terus menyerang musuh hingga tewas.

D-pad virtual disediakan di sebelah kiri-bawah, berfungsi untuk mengendalikan karakter. Sedangkan enam hotkey di kanan-bawah disediakan agar kamu bisa menempatkan ability, spell dan item. Tombol hotkey tersebut dibatasi dengan waktu pemulihan. Jadi jika selesai melancarkan satu skill, kamu tidak bisa langsung mengulanginya kembali. Perlu menunggu beberapa detik sebelum bisa diaktifkan lagi. Demikian kamu tidak bisa sembarang menyerang atau melancarkan skill. Tunggu waktu yang tepat, supaya rangkaian serangan karakter maksimal. Keseluruhan kontrol dan sistem battle-nya sangat simple dan mudah dipelajari atau digunakan. Dan menurut saya, justru itu yang dibutuhkan sebuah game mobile.
Itu yang kelihatan. Di balik interface-nya kamu disodori pilihan kustomisasi untuk Lucio, karakter utama dimana keseluruhan cerita dilihat melalui sudut pandangnya. Kamu bisa pilih, menjadikan Lucio salah satu dari enam class, yaitu: Barbarian, Templar, Rogue, Shadow Hunter, Arc Mage, dan Priest. Setiap class berbeda pilihan equipment dan ability. Sayang begitu dipilih, tidak ada opsi di tengah permainan menjadikannya class yang lain. Namun setidaknya game ini memberi opsi replay, jika kamu penasaran menjadikan Lucio class yang lain. Namun karena karakter lainnya juga mewakili setiap class tersebut, sepertinya juga sedikit mengurangi niat untuk menjadikan Lucio class yang lain.

inotia 3

Selain dua karakter kunci Lucio dan Ameli, nantinya hingga 10 karakter lain bisa keluar masuk party selama permainan, dan mereka berperan untuk membangun skenario hingga akhir cerita. Selain itu, kamu bisa menyewa mercenary. Bukan sekadar tinggal disewa saja, ada caranya untuk merekruit. Mereka bisa didapatkan melalui rare item drop, dimana seorang musuh menjatuhkan emblem yang bisa digunakan untuk menciptakan class mercenary tertentu. Keuntungan buatmu, mereka langsung menyamai level Lucio, namun datang dengan skill serta ability yang random dari semua class. Malang bagimu seandainya suatu saat dalam satu party semua karaktermu terfokus pada skill magic, dan ternyata mercenary yang muncul random juga ahli sihir, maka kamu tidak memiliki karakter dengan pertahanan tubuh yang tinggi. Selain itu, karena batasan karakter hanya 12 saja, seandainya nanti 12 slot sudah penuh, maka mercenary yang harus dikorbankan agar slotnya ditempati karakter lain.
inotia 3

Skill dan ability karakter bisa didapatkan melalui naik level. Setiap kenaikan, kamu mendapatkan tambahan Skill Point, dan point tersebut bisa digunakan untuk membuka ability mereka. Ada yang jenisnya pasif,  dan juga yang bisa meningkatkan status, atau pilihan aktif untuk mem-buff dan menyerang musuh, hingga memulihkan karakter. Tidak semua karakter ability-nya sudah terbuka dari awal – tapi belum diaktifkan melalui skill point. Sedangkan mercenary bisa mempelajari ability baru melalui amulet yang terkadang dijatuhkan musuh. Menjadikan mercenary justru karakter yang kaya ability dan mudah mengaktifkannya.
Masalah lain yang dihadapi pemain adalah ketika begitu mudahnya item dijatuhkan musuh yang kamu kalahkan. Memang menguntungkan, namun setelah kamu menghabiskan semua space inventory yang memang terbatas, kamu tidak ada pilihan selain menjua;, atau bahkan menjatuhkan begitu saja item yang tidak berguna. Lebih lagi mengenai item, dengan setiap karakter yang memerlukan delapan slot equipment bisa dipasangi item/armor,weapon/accessory, kamu pasti akan kebingungan karena ternyata tidak semua item cocok dengan Lucio misalnya, atau mengharuskan karakter mencapai level tertentu untuk bisa memakainya.

inotia 3

Grafis juga menjadi salah satu kekuatan Inotia 3. Game ini tidak memalukan disejajarkan dengan tipikal game NDS atau PSP misalnya. Meskipun karakter sekadar sprite mungil, namun semuanya terlihat detail, hingga ke setiap area settingnya. Saya juga suka ketika mengubah equipment, maka penampilan sprite karakter pun juga berubah. Hanya saja sayangnya, tidak selama dialog, penampilan mereka tetap sama – bergaya anime, dengan bola mata yang besar. Selain itu, musiknya juga patut diacungi dua jempol. Saya sampai tidak percaya musik dan soundtrack-nya berasal dari sebuah game mobile lho… Namun jangan disejajarkan dengan RPG konsol yang sudah punya nama. Setidaknya untuk kelas game mobile, musiknya tidak membosankan.



Sumber: http://www.duniaku.net/2011/08/02/11351/ 
Zufar Muzakki Blogsaya04 Updated at : 6:08 PM

Ichigo [23/05/2013]

Ichigo Kurosaki. Karakter utama serial Bleach. Siswa kelas satu SMA Karakura yang berambut jingga ini dipaksa untuk menjadi pengganti shinigami (dewa kematian) setelah dengan tidak sengaja menyerap seluruh kekuatan Rukia Kuchiki. Perangainya yang sinis pada awalnya membuatnya ogah-ogahan menjalani pekerjaan barunya ini, tapi seiring berjalannya waktu, ia rela menerima jabatannya ini. Ia juga menyadari bahwa walaupun ia tidak mampu menyelamatkan semua orang, tetapi paling tidak ia dapat menggunakan kemampuannya untuk melindungi orang-orang yang dekat di hatinya. Kemudian dalam cerita, setelah ia kehilangan kekuatannya sebagai pengganti dewa kematian, ia memilih untuk mengambil risiko maut demi menjadi 'shinigami sepenuhnya.



Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Bleach_%28manga%29
Zufar Muzakki Blogsaya04 Updated at : 11:40 AM

BLEACH [23/05/2013]

Bleach (ブリーチ, Burīchi?, diromanisasikan sebagai BLEACH di Jepang) adalah serial manga yang dikarang oleh Tite Kubo (久保 帯人 Kubo Taito), mangaka dari Zombie Powder. Serial Bleach mulai diterbitkan sejak tahun 2001, dan semenjak penerbitannya, serial ini sudah diadaptasi menjadi sebuah serial anime, dua buah OVA (Original Video Animation), empat film layar lebar, dua musikal rock, dan beberapa judul permainan video. Kompilasi manga (Tankōbon) Bleach sudah terjual sebanyak 39 juta kopi di Jepang. Manga ini diserialkan dalam mingguan Shonen Jump.
Bleach bercerita tentang Ichigo Kurosaki, seorang pelajar SMA yang memiliki kemampuan untuk melihat roh, dan juga Rukia Kuchiki, seorang shinigami (dewa kematian) yang pada suatu hari bertemu dengan Ichigo sewaktu sedang memburu roh jahat yang disebut hollow. Pada saat Rukia bertarung melawan hollow tersebut, ia terluka dan oleh sebab itu ia tidak memiliki jalan lain selain memindahkan kekuatan shinigami-nya kepada Ichigo. Sejak saat inilah petualangan Ichigo dan Rukia dimulai.
Mereka berdua bertualang mencari dan melawan para hollow dan melaksanakan ritual konsou untuk para arwah gentayangan. Dengan ritual ini, para arwah gentayangan menerima pembersihan dan mereka dapat dikirim ke Soul Society (Masyarakat Roh). Bagian awal dari cerita ini difokuskan kepada karakter-karakter dan masa lalu mereka, dan bukan terfokus pada dunia pekerjaan shinigami. Seiring jalannya cerita, hal-hal seperti kehidupan shinigami di Soul Society mulai terungkap sedikit demi sedikit.


Informasi Media : 

Manga Bleach pertama kali diterbitkan bulan Agustus 2001 dalam mingguan Shonen Jump terbitan Shueisha. Sampai tanggal 26 Mei 2007, sebanyak 276 bab sudah diterbitkan (rata-rata sekitar satu bab per minggu). Manga ini juga sudah dikompilasi ke dalam 27 volume tankōbon, juga diterbitkan Shueisha. Jilid pertama dari manga ini terjual lebih dari 1,25 juta kopi di Jepang. Pada tahun 2005, Bleach mendapatkan penghargaan Shogakukan Manga Award dalam kategori manga shōnen.
Serial anime Bleach ditayangkan setiap hari Rabu di stasiun televisi TV Tokyo dan juga stasiun-stasiun yang terafiliasi. Serial ini diproduseri oleh TV Tokyo, Dentsu, dan Studio Pierrot, dan disutradarai oleh Noriyuki Abe. Desainer karakternya adalah Masashi Kudō, dan komposer musiknya adalah Shiro Sagisu. Episode pertama Bleach ditayangkan pada tanggal 5 Oktober 2004. 63 episode pertama diadaptasi langsung dari manga-nya, sedangkan 46 episode berikutnya adalah produksi orisinal untuk anime-nya saja. Mulai dari episode 110, jalan cerita dalam serial anime-nya kembali ke jalan cerita dalam manga, walaupun ditambah dengan elemen-elemen dalam ke-46 episode sebelumnya. Sampai sekarang, belum ada rencana untuk mengakhiri produksi serial ini. Selain itu, dua buah OVA telah diproduksi, dan juga tiga buah film layar lebar yang berjudul Bleach: Memories of Nobody , Bleach:The Diamond Dust Rebellion yang mulai dirilis di Jepang pada tanggal 16 Desember 2007 , dan BLEACH: Fade to Black - Kimi no na wo yobu yang baru saja ditayangkan 13 Desember 2008 yang lalu. Menurut jajak pendapat online yang diselenggarakan TV Asahi pada tahun 2006, Bleach menempati peringkat ke-7 anime terfavorit di Jepang.
Di Amerika Serikat, manga Bleach diterbitkan oleh Viz Media, dan serial anime-nya ditayangkan di Cartoon Network. Sedangkan di Indonesia sendiri, manga-nya diterbitkan oleh m&c comics mulai bulan Oktober 2007.

Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Bleach_%28manga%29
Zufar Muzakki Blogsaya04 Updated at : 11:23 AM

Apa sih Adiwiyata itu? [16/05/2013]



Adiwiyata adalah salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghindari dampak lingkungan yang negatif.



A. Gambaran Umum Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) di Indonesia.
Pada awalnya penyelenggaraan PLH di Indonesia dilakukan oleh Institut Keguruan Ilmu Pendidikan (IKIP) Jakarta pada tahun 1975. Pada tahun 1977/1978 rintisan Garis‐garis Besar Program Pengajaran Lingkungan Hidup diujicobakan di 15 Sekolah Dasar Jakarta. Pada tahun 1979 di bawah koordinasi Kantor Menteri Negara Pengawasan Pembangunan dan Lingkungan Hidup (Meneg PPLH) dibentuk Pusat Studi Lingkungan (PSL) di berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta, dimana pendidikan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL mulai dikembangkan). Sampai tahun 2010, jumlah PSL yang menjadi Anggota Badan Koordinasi Pusat Studi Lingkungan (BKPSL) telah berkembang menjadi 101 PSL. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Departeman Pendidikan Nasional (Ditjen Dikdasmen Depdiknas), menetapkan bahwa penyampaian mata ajar tentang kependudukan dan lingkungan hidup secara integratif dituangkan dalam kurikulum tahun 1984 dengan memasukan materi kependudukan dan lingkungan hidup ke dalam semua mata pelajaran pada tingkat menengah umum dan kejuruan. Tahun 1989/1990 hingga 2007, Ditjen Dikdasmen Depdiknas, melalui Proyek Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (PKLH) melaksanakan program Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup; sedangkan Sekolah Berbudaya Lingkungan (SBL) mulai dikembangkan pada tahun 2003 di 120 sekolah. Sampai dengan berakhirnya tahun 2007, proyek PKLH telah berhasil mengembangkan SBL di 470 sekolah, 4 Lembaga Penjamin Mutu (LPMP) dan 2 Pusat Pengembangan Penataran Guru (PPPG).
Prakarsa Pengembangan Lingkungan Hidup juga dilakukan oleh LSM. Pada tahun 1996/1997 terbentuk Jaringan Pendidikan Lingkungan yang beranggotakan LSM yang berminat dan menaruh perhatian terhadap Pendidikan Lingkungan Hidup. Hingga tahun 2010, tercatat 150 anggota Jaringan Pendidikan Lingkungan (JPL, perorangan dan lembaga) yang bergerak dalam pengembangan dan pelaksanaan pendidikan lingkungan hidup. Sedangkan tahun 1998 – 2000 Proyek Swiss Contact berpusat di VEDC (Vocational Education Development Center) Malang mengembangkan Pendidikan Lingkungan Hidup pada Sekolah Menengah Kejuruan melalui 6 PPPG lingkup Kejuruan dengan melakukan pengembangan materi ajar PLH dan berbagai pelatihan lingkungan hidup bagi guru‐guru Sekolah Menengah Kejuruan termasuk guru SD, SMP, dan SMA.
Pada tahun 1996 disepakati kerjasama pertama antara Departemen Pendidikan Nasional dan Kementerian Negara Lingkungan Hidup, yang diperbaharui pada tahun 2005 dan tahun 2010. Sebagai tindak lanjut dari kesepakatan tahun 2005, pada tahun 2006 Kementerian Lingkungan Hidup mengembangkan program pendidikan lingkungan hidup pada jenjang pendidikan dasar dan menengah melalui program Adiwiyata. Program ini dilaksanakan di 10 sekolah di Pulau Jawa sebagai sekolah model dengan melibatkan perguruan tinggi dan LSM yang bergerak di bidang Pendidikan Lingkungan Hidup.
Sejak tahun 2006 sampai 2011 yang ikut partisipasi dalam program Adiwiyata baru mencapai 1.351 sekolah dari 251.415 sekolah (SD, SMP, SMA, SMK) Se‐Indonesia, diantaranya yang mendapat Adiwiyata mandiri : 56 sekolah, Adiwiyata: 113 sekolah, calon Adiwiyata 103 sekolah, atau total yang mendapat penghargaan Adiwiyata mencapai 272 Sekolah (SD, SMP, SMA, SMK) Se‐Indonesia. Dari keadaan tersebut di atas, sebarannya sebagaian besar di pulau Jawa, Bali dan ibu kota propinsi lainnya, jumlah/ kuantitas masih sedikit, hal ini dikarenakan pedoman Adiwiyata yang ada saat ini masih sulit diimplementasikan.
Dilain pihak Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 02 tahun 2009 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata, belum dapat menjawab kendala yang dihadapi daerah, khususnya bagi sekolah yang melaksanakan program Adiwiyata. Hal tersebut terutama kendala dalam penyiapan dokumentasi terkait kebijakan dan pengembangan kurikulum serta, sistem evaluasi dokumen dan penilaian fisik . Dari kendala tersebut diatas, maka dianggap perlu untuk dilakukan penyempurnaan Buku Panduan Pelaksanaan Program Adiwiyata 2012 dan sistem pemberian penghargaan yang tetap merujuk pada kebijakankebijakan yang telah ditetapkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kemendikbud. Oleh karenanya diharapkan sekolah yang berminat mengikuti program Adiwiyata tidak merasa terbebani, karena sudah menjadi kewajiban pihak sekolah memenuhi Standar Pendidikan Nasional sebagaimana dilengkapi dan diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.19 tahun 2005, yang dijabarkan dalam 8 standar pengelolaan pendidikan.
Dengan melaksanakan program Adiwiyata akan menciptakan warga sekolah, khususnya peserta didik yang peduli dan berbudaya lingkungan, sekaligus mendukung dan mewujudkan sumberdaya manusia yang memiliki karakter bangsa terhadap perkembangan ekonomi, sosial, dan lingkungannya dalam mencapai pembangunan berkelanjutan di daerah.
B. Pengertian dan tujuan Adiwiyata
ADIWIYATA mempunyai pengertian atau makna sebagai tempat yang baik dan ideal dimana dapat diperoleh segala ilmu pengetahuan dan berbagai norma serta etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup kita dan menuju kepada cita‐cita pembangunan berkelanjutan. Tujuan program Adiwiyata adalah mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan
C. Prinsip‐prinsip Dasar Program Adiwiyata
Pelaksanaan Program Adiwiyata diletakkan pada dua prinsip dasar berikut ini;
  1. Partisipatif: Komunitas sekolah terlibat dalam manajemen sekolah yang meliputi keseluruhan proses perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi sesuai tanggungjawab dan peran.
  2. Berkelanjutan: Seluruh kegiatan harus dilakukan secara terencana dan terus menerus secara komprehensif
D. Komponen Adiwiyata :
Untuk mencapai tujuan program Adiwiyata, maka ditetapkan 4 (empat) komponen program yang menjadi satu kesatuan utuh dalam mencapai sekolah Adiwiyata. Keempat komponen tersebut adalah;
  1. Kebijakan Berwawasan Lingkungan
  2. Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Lingkungan
  3. Kegiatan Lingkungan Berbasis Partisipatif
  4. Pengelolaan Sarana Pendukung Ramah Lingkungan

E. Keuntungan mengikuti Program Adiwiyata
  1. Mendukung pencapaian standar kompetensi/ kompertensi dasar dan standar kompetensi lulusan (SKL) pendidikan dasar dan menengah.
  2. meningkatkan efesiensi penggunaan dana operasional sekolah melalui penghematan dan pengurangan konsumsi dari berbagai sumber daya dan energi.
  3. Menciptakan kebersamaan warga sekolah dan kondisi belajar mengajar yang lebih nyaman dan kondusif.
  4. Menjadi tempat pembelajaran tentang nilai‐nilai pemeliharaan dan pengelolaan lingkungan hidup yang baik dan benar bagi warga sekolah dan masyarakat sekitar.
  5. Meningkatkan upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup meIalui kegiatan pengendalian pencemaran, pengendalian kerusakan dan pelestarian fungsi lingkungan di sekolah.

Sumber: http://ramsyah5.blogspot.com/2013/01/apa-sih-adiwiyata-itu.html
Zufar Muzakki Blogsaya04 Updated at : 10:59 PM

Charle [10/05/2013]

 Charle (シャルル Sharuru?) adalah kucing putih yang mampu berbicara dan terbang. Charle termasuk ras Exceed yang berasal dari Edolas, puteri dari ratu Exteria, meskipun ia sendiri tidak tahu. Sama seperti Happy, ia menggunakan sihir "Aera", dan mempunyai bakat meramalkan masa depan yang diturunkan oleh ibunya. Charle sebenarnya sangat egois dan kasar, terutama terhadap Happy, tetapi pada akhirnya ia berhasil menjalin persahabatan dengan Happy dan Fairy Tail. Pengisi suaranya dalam bahasa jepang adalah Yui Horie.



Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Karakter_Fairy_Tail
Zufar Muzakki Blogsaya04 Updated at : 9:04 PM

Wendy Marvell [10/05/2013]

Wendy Marvell (ウェンディ・マーベル Wendi Māburu?) adalah perempuan muda, yang dulunya berasal dari serikat Cait Shelter, yang bergabung dengan Fairy Tail setelah mengalahkan Oracion Seis. Ia berkelana dengan seorang kucing perempuan yang bisa berbicara (Exceed), Charle. Wendy menggunakan sihir Dragon Slayer, yang berfungsi untuk menyembuhkan. Sihirnya membutuhkan tenaga dengan jumlah yang tidak sedikit, meskipun dia bisa mendapatkan tenaganya dengan memakan udara. Dia ingin bertemu dengan naga yang telah membesarkannya, Grandine, yang menghilang di waktu yang sama seperti naga-naga lain. Ketika Grandine meninggalkannya, ia sendirian saja sampai Mystogan, yang sebenarnya Jellal dari Edolas, menemukannya dan menyelamatkan nyawanya, tetapi meninggalkannya pada hantu seorang pria tua yang menciptakan Nirvana. Pria tua itu memberitahu Wendy bahwa ia berada di sebuah serikat Setelah menciptakan ilusi "Cait Shelter" yang sebenarnya bukan sebuah serikat. Setelah bergabung dengan Fairy Tail, Wendy menjadi teman baik Natsu dan Gajeel karena jenis sihir mereka yang sama. Pengisi suaranya dalam bahasa jepang adalah Satomi Satō.

Fakta tentang Wendy:
  • Konsep orisinil Wendy sebenarnya memegang tongkat, dan lambang Cait Shelter terletak di bahu kanan berbeda dengan yang sekarang, lambangnya terletak di bahu kiri.
  • Dalam anime, Wendy muncul di dalam setting cerita yang lebih cepat dibandingkan di dalam manga
  • Wendy seharusnya memiliki sihir naga air
  • Pembuatan nama Wendy dimulai ketika ia diputuskan memiliki sihir naga air, mulai dari kanji air dalam bahasa Jepang "水", menjadi huruf Jepang dari hari Rabu "水曜日", menjadi rōmaji hari Rabu dalam bahasa inggris (ウェンズデイ Wenzudei), menjadi Wendy (ウェンディ Wendi

Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Karakter_Fairy_Tail
Zufar Muzakki Blogsaya04 Updated at : 8:56 PM

Jellal Fernandes [06/05/2013]

Jellal Fernandes (ジェラール・フェルナンデス Jerāru Ferunandesu) telah diperkenalkan sebagai kembaran Siegrain , pria muda dari dewan (belakangan diketahui bahwa Siegrain hanya proyektor). Ia dijadikan budak ketika ia masih kecil, bersama Erza, memberontak terhadap orang yang telah memperbudak mereka. Tujuan mereka adalah untuk membuat "Sistem-R" ("R-System"), yang dapat digunakan untuk menghidupkan kembali Zeref, penyihir gelap. Jellal telah diperdayai Ultear, berpura-pura menjadi Zeref di dalam pikirannya, yang menjanjikan kekuatan untuknya. Bersama-sama, membangun kembali R-Sistem, menggunakan beberapa mantan budak lainnya untuk membantu mereka. Selama bertengkar dengan Erza ia mengaku bahwa "ia mencintainya", dan mencoba mengorbankan Erza untuk Zeref. Tetapi Jellal dikalahkan Natsu setelah ia memakan Lacrima yang terdapat di menara. Setelah dikalahkan, ia menyadari kesalahannya dan menolong Natsu dan Erza melarikan diri dari menara, dan kemudian dia ditemukan oleh mantan gurunya, Brain, yang telah memeras Wendy secara emosional untuk menghidupkan Jellal, padahal tujuannya adalah untuk menemukan dan membuka segel Nirvana. Jellal amnesia, dan hanya mengingat nama Erza dan penderitaan yang telah dialaminya, dan bertujuan menghancurkan Nirvana sendiri untuk menghancurkan penderitaanya, meskipun Erza berhasil meyakinkannya untuk tetap hidup. Ia juga mengingat Natsu sebagai "Cahaya Harapan" ("The Light of Hope"), dan membantu Natsu bertempur melawan Zero dengan memberikan "Api Kemarahan" ("Flame of Rebuke"). Setelah kehancuran Nirvana, Jellal ditangkap dewan karena telah membuat kejahatan, dan banyak mengecewakan banyak orang. Ia menggunakan teknik "Tubuh dari Surga" yang membuatnya dapat terbat secepat meteor, dan ia dapat menciptakan pusaran. Saat di plot X791, Jellal bersama Ultear dan Meldy tergabung dalam sebuah guild merdeka yang bernama "Crime Sorciere". Pada sub-plot X791 dimana Great Magic Games digelar. Jellal bergabung dengan Fairy Tail untuk sementara waktu dan menyamar sebagai Mystogan. Pengisi suaranya dalam bahasa Jepang adalah Daisuke Namikawa dan dalam bahasa Inggris adalah Robert McCollum.

Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Karakter_Fairy_Tail
Zufar Muzakki Blogsaya04 Updated at : 9:01 PM

Erza Scarlet [06/05/2013]

Erza Scarlet (エルザ・スカーレット Eruza Sukāretto) (Pengisi suara: Bahasa Jepang: Sayaka Ohara (大原 さやか), Bahasa Indonesia: Wiwiek Supadmi) adalah salah satu karakter utama di Fairy Tail dan merupakan salah satu penyihir kelas S di Fairy Tail. Erza adalah orang yang sangat kuat, tegas, dan berpegang teguh pada peraturan di Fairy Tail; jika seseorang melanggar aturan atau terlalu lamban menjalankan tugas yang diberikannya, ia tidak ragu untuk menghukum mereka. Banyak sekali karakter yang sangat cepat untuk meminta maaf apabila mereka berpikir telah membuat Erza marah. Contohnya ketika Natsu dan Gray mulai berkelahi, mereka cepat berhenti dan berpura-pura berteman jika seseorang menyebut nama Erza. Erza bersedia melakukan apapun agar Natsu dan Gray senang, bahkan kalau harus menunda hukuman mereka.
Sebagai seorang anak perempuan, Erza merupakan salah satu budak yang membangun menara ("Tower of Heaven"). Ia sering disiksa selama berada di sana sampai pernah kehilangan mata kanannya. Selama berada di menara, ia berteman dengan beberapa anak lain termasuk Jellal. Ia mampu melarikan diri ketika sedang terjadi pemberontakan para budak. Ia berhasil menyelamatkan Jellal tetapi menemukan bahwa Jellal telah dirasuki sehingga sangat menginginkan kekuatan. Jellal membiarkannya tetap hidup tetapi dipaksa untuk meninggalkan teman-temannya. Erza sampai di Fairy Tail, ia diberikan mata kanan oleh Porlyusica dan diberikan sebuah baju zirah untuk dipakai. Dengan baju zirah tersebut, ia dapat menggunakan sihir yang membuatnya dapat mengganti baju zirah dan senjata dengan sangat cepat. Ia adalah penyihir yang sangat berbakat. Ia berstatus "Titania Erza" yang berarti "Ratu para Peri" ("Queen of Fairies"). Fakta tentang Erza:
  • Berdasarkan versi original, Mashima memberinya tampilan "Liar". Ia tidak punya pedang, tapi ia memegang tombak, dan seekor burung yang tidak diberi nama menemaninya. Mashima ingin membuat karakter perempuan yang ditakuti Natsu.
  • Saat ini, Erza merupakan karakter wanita terpopuler dalam seri ini.
  • Ketika sesi tanya jawab , seorang pembaca bertanya siapa karakter wanita yang lebih populer. Erza langsung mengkategorikan dirinya sebagai yang terpopuler, tapi Hiro Mashima membantah dan berkata bahwa orang dapat menarik kesimpulan sendiri
  • Dalam Omake: Selamat datang di Fairy Hills (Welcome to Fairy Hills), Levy mengatakan pada Lucy bahwa Erza memiliki hobi membaca novel dan agak cabul
  • Dalam sesi wawancara majalah mingguan Sorcerer, Erza mengatakan bahwa makanan favoritnya adalah kue keju (cheesecake) & soufflé.
  • Beberapa orang percaya bahwa koper besar Erza berisi beberapa tambahan baju zirah dan senjata, sebenarnya koper itu berisi makanan & bahan pembuatnya.
  • Nama Erza diambil dari karakter cerita pendek Hiro Mashima "Eru". Ternyata, judul cerita pendeknya adalah Fairy Tale!
  • Nama belakangnya "Scarlet" diberikan oleh Jellal ketika mereka masih kecil karena warna rambutnya, saat itu mereka masih di menara (Tower of Heaven)
  • Nama panggilannya "Titania" adalah "Ratu para Peri" ("Queen of Fairies") dalam karya William Shakespeare, "A Midsummer Night's Dream".
  • Walaupun namanya secara resmi adalah "Erza", Mashima juga pernah menggunakan nama "Elsa" dan "Elza"
  • Dalam manga, Erza mengembangkan baju zirah Heart Kreuz-nya setelah kisah menara (Tower of Heaven), tapi di dalam anime, ia menggunakan desain yang telah dikembangkan sejak awal seri.
  • Kata "Armadura" dari baju zirah "Peri Armadura"nya ("Armadura Fairy") berarti "baju zirah" dalam bahasa Spanyol dan Portugal.


Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Karakter_Fairy_Tail
Zufar Muzakki Blogsaya04 Updated at : 8:48 PM

Grey Fullbuster [06/05/2013]

Gray Fullbuster (グレイ・フルバスター Gureidh "Gurei" Furubasutā) (Pengisi suara: Bahasa Jepang: Yuichi Nakamura (中村 悠一), Bahasa Indonesia; Kamal Nasuti) Gray adalah salah satu karakter utama. Ia sering bergabung sebagai tim bersama Natsu & Lucy. Natsu dan Gray memiliki hubungan persaudaraan, persahabatan, dan rival. Natsu sering berkelahi dengannya setiap kali Gray mengatakan sesuatu yang dianggap cemoohan. Lucy mengaggap perkelahian mereka yang terus menerus terjadi karena perbedaan sihir mereka berdua yaitu, es & api.
Gray diajarkan cara menggunakan sihir es oleh Ul ketika ia masih kecil setelah orang tuanya dibunuh Deliora. Saat Gray beniat menyerang Deliora untuk membalaskan dendamnya, Ul mengorbankan nyawanya untuk menyelamatkan Gray dan mengurungnya di es. Selama latihannya bersama Ul, Gray dipaksa tinggal di kawasan bersalju dengan hanya berpakaian dalam agar terbiasa dengan dinginnya es. Karena itulah Gray sering menanggalkan pakaiannya, karena ia merasa lebih nyaman tanpa bajunya. Gray adalah salah satu penyihir berbakat di Fairy Tail, dan dia mampu menggunakan sihir es statis dengan mudah. Tidak seperti murid pertama Ul, Lyon, Gray menggunakan dua tangannya ketika menggunakan sihir karena menggunakan satu tangan akan menciptakan sihir yang tidak seimbang. Setelah mengalahkan Juvia, Juvia jatuh cinta dengannya dan bergabung dengan Fairy Tail. Satu lagi Gray mengeluarkan es cuma ditangannya saja.



 
Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Karakter_Fairy_Tail
Zufar Muzakki Blogsaya04 Updated at : 8:35 PM

Happy [06/05/2013]

Happy (ハッピー Happi) (Pengisi suara: Jepang: Rie Kugimiya (釘宮 理恵), Bahasa Indonesia: Wiwiek Supadmi) adalah kucing berwarna biru yang dapat berbicara dan mampu untuk menggunakan sihir (ras Exceed). Pada awalnya, Hiro Mashima ingin menamakan dia "Freyr", salah satu dewa Nordik, tetapi Hiro berpikir bahwa nama itu tidak cocok. Sesuai dengan namanya, Happy selalu gembira dan lebih berkepala dingin daripada Natsu. Salah satu kemampuan sihir Happy adalah "Aera", yang memungkinkannya untuk mengeluarkan sayap dan terbang untuk sementara waktu. Akan tetapi dia hanya bisa membawa satu orang. Ini adalah satu-satunya jenis transportasi yang tidak membuat Natsu mabuk. Ketika ditanya mengapa, Natsu berkata bahwa Happy adalah temannya, bukan alat transportasi. Berdasarkan wawancara majalah Sorcerer, menurut Happy bagian terbaik dari serikat Fairy Tail adalah "Fairy Tail membuat ikan terbaik dan tersegar"!



Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Karakter_Fairy_Tail
Zufar Muzakki Blogsaya04 Updated at : 2:39 PM

Natsu Dragneel [06/05/2013]

Natsu Dragneel (ナツ ドラグニル, Natsu Doraguniru) (Pengisi suara: Jepang: Tetsuya Kakihara (柿原 徹也), Indonesia: Ahmad Zulkifli Lubis) adalah karakter pria utama dalam Fairy Tail. Natsu memiliki sifat sembrono dan terus-menerus bertengkar dengan anggota lainnya. Dia memiliki hubungan kompetitif dengan rekan timnya, yaitu Gray Fullbuster dan Erza Scarlet. Gray cenderung untuk menghina Natsu, sehingga mereka sering bertengkar. Sementara hubungannya dengan Erza, penyihir kelas S, adalah Natsu sering menantang Erza untuk bearadu kekuatan dengannya. Dan itu merupakan cara bagi Natsu untuk membuktikan seberapa kuat dia. Meskipun sifatnya yang sembrono dan keras kepala, Natsu juga terampil dalam menggunakan siasat dan dapat mengetahui kemampuan lawan dan kelemahannya dengan sangat cepat. Ia juga sangat setia kepada Fairy Tail, dan tidak memperbolehkan siapa pun untuk menghina Fairy Tail. Kelemahan Natsu adalah mabuk kendaraan (motion sickness) termasuk kereta api, dan bahkan jika ia digendong. Satu-satunya pengecualian untuk mabuknya itu adalah diangkat oleh Happy. Natsu mempunyai kekuatan elemen api yang dikeluarkan dari mulut seperti naga. Fakta tentang Natsu:
  • Dalam versi sebuah cerita pendek Fairy Tail, Natsu bukan manusia, tapi roh dengan tanduk.
  • Sebenarnya, baju Natsu berwarna merah. Tetapi, Hiro Mashima memutuskan untuk mengubah warnanya menjadi hitam karena dia menginginkan kontras yang lebih baik antara api Natsu dan pakaiannya.
  • Natsu & Happy mengumpulkan barang-barang untuk mengenang misi (contoh: Kostum spesial Lucy, tanda tangan Bora, suvenir dari Pulau Galuna, dsb.)
  • Dalam wawancara spesial majalah mingguan Sorcerer, menurut Natsu hal terbaik dari Fairy Tail adalah "Ada banyak penyihir kuat di serikat".kapan Natsu nikah?


Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Karakter_Fairy_Tail
Zufar Muzakki Blogsaya04 Updated at : 2:30 PM

Lucy Heartfilia [06/05/2013]

Lucy Heartfilia (ルーシィ・ハートフィリア Rūshi Hatofiria) (Pengisi suara: Bahasa Jepang: Aya Hirano (平野 綾), Bahasa Indonesia: Jane Leisilla Zahara) adalah karakter wanita utama di Fairy Tail yg berusia 17 tahun. Lucy adalah seorang penyihir berusia 17 tahun dan karakter wanita utama dari Fairy Tail. Dia adalah anggota baru dalam perserikatan penyihir Fairy Tail, bergabung di awal cerita. Cap anggota Lucy terletak di punggung tangan kanannya. Ukuran tubuh B: 88 W: 59 H: 88. Di awal serial, Lucy adalah seorang penyihir muda yang ingin mencari guild penyihir untuk bergabung, tertarik terutama dengan Fairy Tail, dimana dia menganggapnya sebagai guild penyihir terkuat. Meskipun ia mengatakan kepada Happy dia pernah bergabung dengan saingan guild Fairy Tail, Penyihir Langit, karena sifat dan kepribadian mereka keterlaluan, ia puas dengan keputusannya bergabung dengan Fairy Tail. Sesudah ditolong oleh Natsu dari kapal budak, dia diundang untuk bergabung dengan Fairy Tail. Setelah bergabung dengan Fairy Tail, Lucy menjadi anggota tim Natsu.
Lucy adalah salah satu anggota yang lebih stabil dan waras di Fairy Tail, memiliki akal sehat bahwa anggota serikat tampaknya kurang. Dia secara konsisten menunjukkan kebodohan Natsu dan yang lain. Lucy juga sangat percaya diri dalam penampilan dan keseksian, memancarkan sejumlah kesombongan. Meskipun sikap rendah, Lucy bersemangat untuk sastra dan sedang dalam proses menulis novel sendiri tentang petualangannya dengan Fairy Tail. Dia adalah anggota dari keluarga Heartfilia, salah satu keluarga konglomerat terkaya dan paling berpengaruh di negara Fiore. Namun, karena hubungannya terasing dengan ayahnya dan kematian ibunya, ia meninggalkan rumah untuk mengikuti jalan sendiri. Dia adalah putri dari "Heartfillia Konzern", putri salah satu keluarga terkaya di negaranya. Ayahnya bangkrut karena suatu alasan dan ayahnya pergi bekerja di sebuah serikat, di mana ia bertemu ibu Lucy.
Juga harus diingat bahwa ia satu-satunya orang lain selain Erza Scarlet yang pernah dekat Gray dan Natsu tanpa mengalahkan mereka terlebih dahulu.
Lucy berlatih Roh sihir "Stellar", sebuah keterampilan yang memungkinkan dia untuk memanggil roh dari dunia lain dengan menggunakan Kunci Gerbang. Kekuatan stellar nya memiliki berbagai macam kekuatan. Seiring dengan kunci, dia juga membawa cambuk, dia mahir memakainya. Lucy menjelaskan pada Natsu bahwa penyihir Roh Stellar memiliki potensi untuk memperoleh dan menggunakan kunci yang sangat langka; Gold Keys (Kunci Emas), yang membuka gerbang "Zodiac Ekliptika", serta Silver Keys (Kunci Perak), kunci gerbang yang dijual di toko-toko sihir. Setiap Gold Keys memiliki simbol Zodiac yang masing-masing memiliki kekuatan untuk memanggil Zodiac Stellar Spirit sesuai dengan simbol pada kuncinya. Menurut Lucy, sementara ada sejumlah besar Silver Keys, hanya ada 12 Gold Keys dan ada juga kunci yang tidak (belum) diketahui tipenya. Berikut ini adalah kunci-kunci yang telah dimilikinya:

Gold Keys
  • 1. Aquarius
  • 2. Taurus
  • 3. Cancer
  • 4. Virgo
  • 5. Sagittarius
  • 6. Leo (Loke)
  • 7. Gemini
  • 8. Aries
  • 9. Scorpion
  • 10.Capricorn
Silver Keys
  • 1. Crux
  • 2. Horologium
  • 3. Lyra
  • 4. Nikora Canis Minor (Plue)
  • 5. Pyxis
Kunci yang tidak (belum) Lucy miliki
  • 1. Libra (Dimiliki Yukino Aguria, anggota Sabertooth) merupakan salah satu Stellar Spirit yang dipanggil dari Gold Keys
  • 2. Pisces (Dimiliki Yukino Aguria, anggota Sabertooth) merupakan salah satu Stellar Spirit yang dipanggil dari Gold Keys
  • 3. Ophiuchus (Dimiliki Yukino Aguria, anggota Sabertooth) merupakan salah satu Stellar Spirit yang dipanggil dari kunci yang belum diketahui tipenya, tetapi dicurigai bahwa tipe ophiuchus adalah Gold keys dikarenakan Ophiuchus merupakan kunci ke-13
  • 4. Caelum (Dimiliki Angel, anggota Oración Seis) merupakan salah satu Stellar Spirit yang dipanggil dari Silver Keys. Pada Animenya, Setelah Angel beralih memanggil malaikat, Caelum berpindah tangan ke Penyihir Langit lainnya yang bernama Katja. 


sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Karakter_Fairy_Tail
Zufar Muzakki Blogsaya04 Updated at : 2:19 PM

Fairy Tail [06/05/2013]

Fairy Tail (フェアリーテイル Fearī Teiru?) adalah seri manga yang dibuat dan diilustrasikan oleh Hiro Mashima. Seri ini diterbitkan di Weekly Shōnen Magazine sejak 23 Agustus 2006, dan saat ini masih berlanjut. Bab-bab manganya sudah dikumpulkan, dan diterbitkan dalam buku tersendiri (tankobon). Di Indonesia sendiri sudah ada 15 volume yang dirilis.
Seri anime Fairy Tail produksi A-1 Pictures dan Satelight ini sudah dirilis di Jepang sejak 12 Oktober 2009 dan disiarkan oleh TV Tokyo, sedangkan di Indonesia ditayangkan oleh Indosiar sejak 22 Mei 2011. [1] Seri ini bercerita tentang petualangan Lucy Heartfilia yang seorang penyihir sesudah ia bergabung dalam guild (kelompok) Fairy Tail dan berpasangan dengan Natsu Dragneel, penyihir berelemen api yang tengah mencari naga bernama Igneel.
Seri Fairy Tail sudah dilisensi dengan bahasa Inggris di Amerika Utara oleh Del Rey Manga yang sudah merilis manganya sejak 25 Maret 2008.

Plot

Seorang penyihir muda, Lucy Heartfilia, berkelana ke negara Fiore untuk bergabung dengan Guild Fairy Tail. Saat dalam perjalanan, ia bertemu dengan Natsu Dragneel, seorang pemuda yang tengah mencari naga bernama Igneel, bersama sahabatnya, Happy. Beberapa saat setelah pertemuan mereka, Lucy ditipu oleh Bora of Prominence, yang menyamar sebagai Salamander dari Fairy Tail, untuk dijual sebagai budak. Natsu menyelamatkan Lucy dan memberitahunya bahwa ialah Salamander yang asli dan memiliki kemampuan sihir Fire Dragon Slayer. Natsu menawarkan Lucy untuk bergabung dengan Fairy Tail, yang diterima Lucy dengan senang hati, dan mereka tergabung dalam tim untuk menjalankan berbagai misi untuk guild Fairy Tail. Di guild Fairy Tail, Lucy melewati banyak pengalaman-pengalaman dan membuatnya menyadari bahwa ia mencintai Fairy Tail.
Seri Fairy Tail ini terdiri atas beberapa plot-plot penting di antaranya:
Season 1
  • Duke Everlue (mendapatkan kunci roh langit Virgo)
  • Eisenwald (Menghentikan Erigor yang ingin menggunakan sihir Lullaby kepada master dari guild resmi)
  • Pulau Galuna (mendapatkan kunci roh langit Sagitarius)
  • Phantom Lord (Gajeel Redfox dan Juvia Loxar bergabung dengan Fairy Tail)
  • Tower of Heaven (Tim Natsu berusaha menghentikan Jellal yang ingin membangkitkan zeref di tower of paradise)
  • Pertarungan Fairy Tail (Laxus dan timnya Raijin-shuu memberontak dan mengacaukan Fairy Tail)
Season 2
  • Oracion Seis (Tim Fairy Tail bekerja sama dengan tim Blue Pegasus, Lamia Scale, & Cait Shelter. Wendy bergabung dengan Fairy Tail. Mendapat roh langit Scorpio, Gemini, & Aries)
  • Edolas (Kampung halaman Happy dan Charle yang termasuk ras pemimpin Edolas, Exceed. Mystogan ternyata Jellal dari Edolas dan pangeran Edolas. Panther Lily, salah satu ras Exceed bergabung dengan Fairy Tail. dan kembalinya Lisanna.)
Season 3
  • Ujian penyihir kelas S Fairy Tail (Cana hendak keluar dari Fairy Tail. Grimoire Heart, serikat gelap terhebat datang menyerang. Zeref sang penyihir gelap dan sangat jahat berada di Pulau Tenrou, pulau suci Fairy Tail. Mendapatkan roh langit Capricorn. Cana adalah putri dari Gildrats. Acnologia, naga hitam menakutkan tiba di pulau Tenrou dan menghancurkan pulau Tenrou dengan aumannya. cerita berakhir dengan menghilangnya pulau Tenrou.)
  • Time Skip 7 tahun
Season 4
  • X791 (pulau Tenrou yang menghilang selama 7 tahun ditemukan dengan bantuan dari Blue Pegasus. diketahui bahwa pulau Tenrou dilindungi dari auman naga Acknologia oleh master Fairy Tail pertama, Mavis Vermillion, dengan salah satu sihir 3 terkuat Fairy Tail, Fairy Sphere (Dunia Peri))
  • Melawan Oracion Seis 2(Zentopia)
  • Mengikuti Grand Magic Games (Sub-Plot X791)

Media

Manga

Ditulis dan diilustrasikan oleh Hiro Mashima, manga Fairy Tail dimuat pertama kali di Weekly Shōnen Magazine pada tanggal 23 Agustus 2006. Serial ini masih berlanjut dan sekitar 280 bab sudah diterbitkan. Beberapa bab dikumpulkan dan dibukukan dalam buku-buku terpisah (tankobon) oleh Kodansha, sejak volume pertamanya terbit pada 15 Desember 2006. Sampai Februari 2012, 32 volume Fairy Tail sudah dipublikasikan di Jepang. Edisi spesial Fairy Tail di Weekly Shōnen Magazine yang menampilkan crossover dengan Yankee-kun to Megane-chan diedarkan pada tahun 2008.

Anime

Versi adaptasi anime Fairy Tail disiarkan sejak 12 Oktober 2009. Serial ini merupakan produksi bersama A-1 Pictures dan Satelight.[1], dan disutradarai oleh Shinji Ishihira. Sampai tanggal Desember 2011, dua puluh lima volume DVD yang masing-masing berisi empat episode telah dirilis. Animax Asia mulai menyiarkan versi bahasa Inggris dari musim pertama seri ini pada tanggal 30 September 2010, dan musim kedua pada tanggal 10 Februari 2012. Seri anime Fairy Tail memenangkan penghargaan "Anime Of The Year" tahun 2010 dari Animax Asia. Pada tanggal 18 Januari 2011, distributor anime Inggris Manga Entertainment mengumumkan di Twitter bahwa perusahaannya akan merilis serial anime dalam format dua bahasa pada akhir tahun. Beritanya Fairy Tail akan berakhir pada 30 maret 2013 dan tanggal 4 april akan keluar Fairy Tail: The Best (kemungkinan hanya kabar burung).
Ada dua puluh lagu yang digunakan dalam seri ini.

Lagu Pembuka
  1. "Snow fairy" oleh FUNKIST (eps 1-11)
  2. "S.O.W. Sense of Wonder (S.O.W.センスオブワンダー)" oleh Idoling!!! (eps 12-24)
  3. "ft." oleh FUNKIST (eps 25-35)
  4. "R.P.G. ~Rockin' Playing Game" oleh SuG (eps 36-48)
  5. "Egao No Mahou" oleh Magic Party (eps 49-60)
  6. "Fiesta" oleh +Plus (eps 61-72)
  7. "Evidence" oleh Daisy X Daisy (eps 73-85)
  8. "The Rock City Boy" oleh JAMIL (eps 86-98)
  9. "Towa no Kizuna" oleh Daisy x Daisy feat. Another Infinity (eps 99-111)
  10. "I Wish" oleh Milky Bunny (eps 112-124)
  11. "hajimari no sora" oleh +plus (eps 125-137)
  12. "Tenohira" oleh Hero (eps 138-150)
  13. "Breakthrough" oleh GOING UNDER GROUND (eps 151-166)
  14. "Fairy Tail ~Yakusoku no Hi~" oleh Chihiro Yonekura (eps 167-)
Lagu Penutup
  1. "Kanpeki gu~no ne (完璧ぐ~のね)" oleh Watarirouka Hashiri Tai (eps 1-11)
  2. "Tsuioku Merry-Go-Round (追憶メリーゴーランド)" oleh onelifecrew (eps 12-24)
  3. "Gomen ne, Watashi. (ごめんね, 私。)" oleh Shiho Nanba (eps 25-35)
  4. "Kimi ga Iru Kara (君がいるから)" oleh Mikuni Shimokawa (eps 36-48)
  5. "HOLY SHINE" oleh Daisy X Daisy (eps 49-60)
  6. "Be As One" oleh w-inds (eps 61-72)
  7. "Lonely Person" by ShaNa (eps 73-85)
  8. "Don't think.Feel !!!" oleh Idoling!!! (eps 86-98)
  9. "Kono Te Nobashite" (この手を伸ばして; "Reach Out This Hand") oleh Hi-Fi Camp (eps 99-111)
  10. "Boys be Ambitious !!" oleh Hi-Fi Camp (eps 112-124)
  11. "Glitter (フェアリーテイル)"oleh Another Infinity ft Mayumi Morinaga (eps 125-137)
  12. "Yell" oleh Sata Andagi (eps 138-150)
  13. "kimi ga kureta mono" oleh Shizuka Endo(151-166)
  14. "We're the stars" oleh Aimi (eps 167- )

Film

Film ini berkisar seorang gadis misterius yang bernama Éclair yang muncul sebelum Guild penyihir paling terkenal di dunia, guild Fairy Tail. Dia kehilangan semua kenangan, kecuali keharusan bahwa dia harus memberikan dua batu Phoenix di suatu tempat. Batu-batu dapat mebuat runtuhnya dunia magis, dan Natsu, Lucy dan sisa guild Fairy Tail terjebak dalam persekongkolan.

Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Fairy_Tail 


  
Zufar Muzakki Blogsaya04 Updated at : 2:10 PM

Bujur Sangkar Ajaib

angka yang berserakan


Tujuan : Sobat mampu membuat "Bujur Sangkar Ajaib" dengan jumlah kolom dan baris ganjil (5x5,7x7,9x9), dan seterusnya yang apabila angka-angkanya dijumlah secara vertikal, horizontal, dan diagonal hasilnya sama.


Langkah-Langkah : 
1. bujur sangkar ajaib dimulai dengan menulis angka 1. tulis angka 1 pada baris pertama kolom tengah. selanjutnya bergeraklah keangka selanjutnya dengan aturan:
2. bergerak kearah timur laut ( diagonal kearah kanan atas satu petak ).
3. apabila kotak kearah timurlaut sudah terisi angka, bergeraklah kearah selatan ( 1 petak kebawah ).
4. jika angka sudah mencapai baris paling atas, bergeraklah ke baris paling bawah kolom selanjutnya.
5.  jika angka sudah mencapai kolom paling kanan, bergeraklah ke kolom paling kiri pada baris di atas angka tersebut.


Contoh bujur sangkar ajaib (5x5) :

bujur sangkar ajaib
Perhatikan pergerakan angka dari 1 ke 2, dari 2 ke 3, dari 3 ke 4, dan seterusnya. Gambar tersebut akan memudahkan sobat" sekalian dalam memahami bujur sangkar ajaib ini.




Sumber : Master Juan Lambada | Trik Rahasia Sulap Angka
Zufar Muzakki Blogsaya04 Updated at : 7:25 PM
Back to top